Senin, 01 Juni 2020

PERBEDAAN RANSUM dan KOSENTRAT


Ransum dan konsentrat merupakan dua istilah yang sering digunakan dalam pemberian pakan pada lingkungan peternakan. Meskipun keduanya termasuk ke dalam pakan, ransum dan konsentrat memiliki perbedaan. Pemberian ransum dan konsentrat untuk hewan ternak memiliki perbedaan, terutama dalam hal jumlah. Di mana jumlah ransum lebih banyak dibandingkan dengan konsentrat, karena konsentrat hanya berfungsi sebagai pakan pelengkap atau tambahan saja..

Apa itu Ransum Ayam?

Ransum merupakan pakan jadi atau pakan yang terdiri dari berbagai bahan pakan yang telah diformulasikan (dihitung/dikalkulasi) sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang pada ternak selama 24 jam tanpa menggangu kesehatan ternak. Ransum yang effisien bagi ayam adalah ransum yang seimbang antara tingkat energi dan kandungan protein, vitamin, mineral, serta zat-zat makanan lain yang diperlukan untuk pertumbuhan ayam..

Menurut beberapa para ahli berdasarkan bentuknya ransum dibagi menjadi 3 jenis : yaitu mash ,crumble dan pelet.


1. Bentuk Mash

Bentuk ini merupakan bentuk ransum yang terdiri dari beberapa bahan yang dipilih dan digiling halus dengan ukuran sama, kemudian dicampur menjadi satu. Keuntungan pakan jadi bentuk mash yaitu hargannya lebih murah, serta lebih mudah diserap usus ayam sehingga efisiensinnya lebih baik. Pakan mash biasannya digunakan pada ayam usia muda atau fase pre starter karena sesuai dengan ukuran paruh ayam yang kecil..

2. Bentuk Crumble

Merupakan perkembangan lebih lanjut dari bentuk pellet. Bentuk ini banyak digunakan untuk semua umur ayam broiler. Pakan ini memiliki ciri yang tidak beraturan yaitu berbentuk butiran atau granula atau pecahan.

3. Bentuk Pellet

Merupakan bentuk pakan jadi yang melalui proses pemadatan menggunakan mesin. Bentuk ini jarang sekali digunakan pada ternak unggas karena ukurannya yang kurang sesuai dengan paruh unggas yang kecil sehingga bila dipaksakan memungkinkan terjadinnya kanibalisme.

4. Bentuk Fine Crumble

Merupakan bentuk ransum yang
besar ukuran fisiknya antara mash dengan crumble. Sangat cocok diberikan pada ayam umur DOC atau awal fase starter agar ayam DOC tidak kesusahan untuk mematuk pakannya.

Apa itu kosentrat AYAM???

konsentrat adalah ransum padat nutrisi (nutrisi tinggi) buatan pabrik, dimana dalam pemberiannya ke ayam harus dicampur terlebih dahulu dengan jagung giling dan bekatul. Perbandingannya adalah 50-55% jagung, 30-35% konsentrat dan 15-20% bekatul. Harga konsentrat per kg-nya biasanya lebih rendah dibanding dengan harga ransum jadi per kg, sehingga seringkali peternak ayam petelur menggunakan konsentrat ini sebagai campuran untuk menghemat biaya. Selanjutnya yang dimaksud dengan self mixing artinya peternak benar-benar mencampur sendiri berbagai macam bahan baku ransum menjadi ransum jadi.
Di lapangan sendiri, hampir seluruh peternak ayam pedaging memberikan ransum jadi untuk ternaknya. Sedangkan peternak yang menggunakan ransum konsentrat hanya sebagian kecil saja. Hal ini berbeda dengan peternak ayam petelur. Mereka lebih sering memberikan ransum konsentrat atau meracik sendiri ransumnya (self mixing,) dengan tujuan efisiensi dan menghemat biaya ransum. Khusus bagi peternak ayam petelur pengguna konsentrat dan self mixing, tentunya pengetahuan mengenai bahan baku ransum dan teknik formulasi harus dikuasai agar mampu menghasilkan ransum jadi yang berkualitas tinggi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar