Senin, 01 Juni 2020

Penyebab kotoran basah ayam BROILER pada waktu Turun sekam dan PENANGANYA


,Turun sekam saya menghubungkan dengan peristiwa stres ternak yang kurang mampu di manajemen dengan baik. Hingga kejadian menjadi berlarut larut sehingga otomatis menurunkan tingkat degistable kekebalan tubuh / antibody tubuh hingga ayam menjadi mudah sakit.. Apalagi turun sekam biasanya mendekati waktu bergantinya pakan fase finister, yang Tidak bisa di pingkiri sudah menjadi rahasia umum pakan finister kemitraan broiler kualitasnya di bawah standart kualitas... Maka tingkat stres semakin Tak kekontrol jadi jika peternak tidak segera mengambil tindakan tepat...

Sebelum ke penanganan kita harus paham dulu sebab akibat ayam mencret setelah turun sekam.. Ada beberpa bisa karna:

• Masuknya bibit penyakit. Keadaan ini juga ditandai dengan perubahan warna kotoran. yg mungkin sangat terjadi karna malaria menyebabkan ayam mencret dan kotorannya berwarna hijau, Jika di hubungkan dengan masuknya penyakit malaria ( biasanya penyakit ini datangnya musiman dan tidak segarang saat ini yang di rasakan oleh peternak), gumboro atau IBH, sepertinya memang berkaitan klo di lihat dari hari yg membengkak dan agak keputih2an pucat..

•  Mutu kandungan pakan jelek juga sangat berpengaruh Aplgi pakan kemitraan cenderung kualitas di bawah setandrt kebutuhan Em dan Protein mengakibatkan bbot kurang dari setandrt mengakibatkan kerugian besar peternak Plasma dalam budidaya BROILER. Kandungan garam yang terlalu tinggi juga pada pakan akan merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Kandungan protein yang terlalu tinggi mengakibatkan asam urat dalam ginjal ayam terlalu tinggi konsentrasinya. Kedua hal itu merangsang ayam minum air lebih banyak  sehingga terjadilah mencret..

• Heat stress pda ayam yang mendorong  ayam minum lebih banyak dan lebih sering dibandingkan makan. Lingkungan kurang tenang, pekerja yang kurang hati-hati bisa menyebabkan ayam stres juga. Jadilah ayam mencret...

• Turun sekam terllu dini
Proses turun sekam yang terlalu dini mengakibatkan ayam mudah stress. Hal ini yang menyebakan ayam broiler mudah terserang penyakit. Dengan turun sekam terlalu dini, ayam akan mudah diserang hewan seperti nyamuk dan lainnya karena antibodi yang menurun. Juga dapat mempengaruhi perkembangan ADG (Average Dialy Gain). Sebab itu perlu bbot 600 sampe 700gr baru sekam molai di turunkan
Penangann / solusi kotoran basah pada ayam saat turun sekam yg mesti di lakuakan biar tidak drop berlebih2 sakit:

3hari sebelum turun sekam masukan multifitamin merek apa saja setiap pagi hari dosis bisa menurut kemasn atau 0,2,  Bertujuan menjngkatkan imunitas dan stamina ayam buat menghadapi pada waktu turun sekam.. 

Pada saat turun sekm juga ada tehniknya bukan langsung 1hari di turunkan hbis.. Carnya : 
.Proses penurunan sekam dilakukan bertahap 2–3 hari sekali. Buat berpetak2 sedikit demi sedikit seprti main catur' Pada saat proses turun sekam, akan mengubah pola makan dan minum ayam, jadi itu alasan kenapa proses turun sekam kandang tidak dapat dilakukan sehari langsung..
.Kemudian sesuaikan penggunaan tirai dengan kondisi lingkungan wilayah peternakan. Karena tidak semua lingkungan peternakan memiliki faktor suhu, kelembaban, angin yang sama. Jadi tidak ada patokan bagaimana secara pasti penggunaan buka tutup tirai ini. Dibutuhkan kemampuan peternak dalam memahami tingkah laku ayam dan kondisi lingkungan.
.Pada saat ayam turun sekam tingkat strees ayam lebih tinggi. Jadi vitamin dan obat anti stress harus dijaga. Dengan keadaan ayam yang mengalami stress pada masa ini, peternak ayam harus menyadari jika nafsu makan ayam akan berkurang. Jadi peternak harus memberikan vitamin dan suplemen agar ayam tetap vit. Juga selu gunakan FORMULA BROILER penting buat membantu mengatasi heart stres juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap perubahan temperatur yg berubah drastis dan buat mengotrol Bactri, Virus pembawa penyakit yg mengancam , Buat antisiasi hert stres di dalam FORMULA BROILER menggunakan berbage macam Bahan fedd aditif Sinergis multifitamin lengkap dosis tinggi juga kombinasi MINERAL, TREONIN dan BETAIN Kombinasi tepat mengontrol hert stres..
 
Juga penting di perhatikan bila ada ayam yg bulunya berdiri seperti demam kedinginan bisa di masukan paracetamol/bodrek dosis 1 butir untuk 10-15 liter air bisa di campur belenderan bawang 5 siung  rebusan daun suruh 15lembar + daun jarak 3lembar berikan selama 4sampe 5hari pada saat turun sekam.. 

Sellu jaga kebersihan kandang sellu semprot desinfektan,  batasi orang luar suka2 masuk kandang.. 

DUNIA TERNAK
putryanimalsmedica.bloger.com
Wtp:082331297998 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar